Selasa, 10 Januari 2012

JARDIKNAS

JARDIKNAS (JEJARING PENDIDIKAN NASIONAL)

1.      Sekilas Jardiknas

Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) adalah program pengembangan infrastruktur jaringan online skala nasional ( National Wide Area Network ) yang dibangun oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Pemerintah Republik Indonesia untuk menghubungkan antar institusi dan komunitas pendidikan se-Indonesia. Jardiknas merupakan salah satu program strategis pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk dunia Pendidikan di Indonesia. Melalui infrastruktur jaringan online (Jardiknas) diharapkan dapat mempercepat pengembangan integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada program pemerintah sektor pendidikan untuk kemajuan Pendidikan Indonesia saat ini dan di masa depan.

APA ITU TESIS???

TESIS
Pengertian
Tesis adalah karya tulis ilmiah resmi yang dibuat oleh seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister (S2). Tesis ini mencerminkan kemampuan yang bersangkutan dalam peneltian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan.

Karakteristik
  1. isinya berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam disiplin ilmu tertentu, sesuai dengan program studi yang ditempuh.
  2. merupakan pengujian empirik terhadap posisi teoretik tertentu dalam disiplin ilmu yang dipelajari.
  3. mengungkapkan data primer sebagai data utama yang dapat ditunjang oleh data sekunder, sedangkan untuk bibliografi dapat digunakan sumber otentik,
  4. ditulis dalam bahasa yang baik dan benar.
Contoh Karangka Tesis

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : SMA N 5 BATURAJA
Mata Pelajaran           : Ekonomi
Kelas / Semester         : X (sepuluh) / 


 Standar  Kompetensi 
Memahamipermasalahan  ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar     : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
                                      2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
                                      3. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
                                      4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
                             5. Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
                                      6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan
Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d)      Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e)      Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f)       Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

Minggu, 08 Januari 2012

BOOK REPORT "SMALDINO"


RESENSI BUKU : “BOOK REPORT” INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING
(TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN MEDIA UNTUK BELAJAR)

1.    BIBLIOGRAFI BUKU
·   PENULIS
SHARON E. SMALDINO, DEBORAH L. LOWTHER, AND JAMES D. RUSSEL
·   JUDUL BUKU
INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING
Editor : Triwibowo B.S. Alih bahasa Oleh : Arif Rahman, Jakarta, Kencana Pernada Group. Cetakan Ke 9 tahun 2011, 504 halaman.
2.    DESKRIPSI PENGARANG
·      Sharon E. Smaldino adalah seorang dosen di college of education nothern illinois university (NIU). Dia adalah seorang profesor Teknologi pendidikan di university of nothern iowa selama beberapa tahun. Mendapatkan gelar Ph.D tahun 1987 dari southern illionis university, Carbondale. Sampai saat ini Dr. Smaldino nejabat sebagai presiden AECT dan juga sebagai salah satu anggota dewan direktur The international Visual Literacy Association. Dan sekarang dia menjabat sebagai tech trend publikasi AECT.

Facebook Maker

Milliuner di Usia 24 tahun  

SIAPA yang tak kenal facebook? Jejaring pertemanan di dunia maya ini sukses menyihir penghuni planet bumi. Jumlah penggunanya terus bertambah, sekitar 150 juta orang! Karenanya, tidak mengherankan bila penemunya, Mark Zuckerberg, berkali-kali menyabet penghargaan bergengsi tingkat dunia. Dan, dia pun dinobatkan sebagai milyuner termuda sepanjang sejarah. Penghargaan terakhir diterima Mark dari World Economic Forum (WEF). Ia termasuk 230 orang yang dianggap berpengaruh bagi dunia sebagai Young Global Leaders 2009.Mark Zuckerberg memulai Facebook pada Februari 2004 dari ruang kamarnya di Harvard. Setelah berhenti sekolah dan pindah ke Silicon Valley, penemu Facebook ini mulai memantapkan langkahnya di bisnis situs jejaring sosial. Saat ini Zurkerberg merupakan milyuner terkaya di dunia sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan sepenuhnya dari usaha sendiri.

Jumat, 06 Januari 2012

VIDEO ANIMASI

CENDOL Goes To UNESCO??? My b,,,

Ternyata Dunia Pun Mengakui Lezatnya Cendol tak Hanya AKU.....


Jakarta - Setelah rendang sukses menyandang predikat sebagai makanan terenak di dunia. Kali ini cendol dan kelapa muda pun masuk peringkat 50 minuman terenak di dunia versi CNNgo. Apa saja minuman terenak lainnya yang paling digemari?

Bangsa Indonesia boleh bangga, karena CNNgo hari ini (9/12) resmi mengumumkan dua minuman khas Indonesia yaitu Cendol (Indonesia) dan kelapa Muda (Indonesia) sebagai minuman terenak di dunia. Kelapa muda menyandang peringkat ke-19 minuman terpopuler dan paling disukai. Minuman yang terbuat dari buah kelapa segar ini dikatakan sebagai minuman tradisional asal Indonesia yang alami dan juga berasal dari bahan terbaik alam. Selain itu Cendol (Indonesia) sendiri menduduki peringkat ke-45. Minuman yang terbuat dari tepung beras dengan rasa yang kenyal-kenyal enak ini menjadi populer karena rasanya yang manis segar. Tambahan gula merah dan santan membuat rasanya bertambah unik. Sedangkan posisi pertama tentunya diduduki oleh air mineral sebagai minuman global dan disusul oleh peringkat dua yaitu Coca Cola dari Amerika. 

Minggu, 01 Januari 2012

TIK

PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM PENDIDIKAN 
Peran Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Secara Online di Indonesia
1.    Pendahuluan
Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri yang khas dari pendidikan jarak jauh. Sistem pendidikan jarak jauh merupakan suatu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas.

VIDEO WIRECAST (VIDEO PEMBELAJARAN SEAMOLEC)

video