Minggu, 08 Januari 2012

BOOK REPORT "SMALDINO"


RESENSI BUKU : “BOOK REPORT” INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING
(TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN MEDIA UNTUK BELAJAR)

1.    BIBLIOGRAFI BUKU
·   PENULIS
SHARON E. SMALDINO, DEBORAH L. LOWTHER, AND JAMES D. RUSSEL
·   JUDUL BUKU
INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING
Editor : Triwibowo B.S. Alih bahasa Oleh : Arif Rahman, Jakarta, Kencana Pernada Group. Cetakan Ke 9 tahun 2011, 504 halaman.
2.    DESKRIPSI PENGARANG
·      Sharon E. Smaldino adalah seorang dosen di college of education nothern illinois university (NIU). Dia adalah seorang profesor Teknologi pendidikan di university of nothern iowa selama beberapa tahun. Mendapatkan gelar Ph.D tahun 1987 dari southern illionis university, Carbondale. Sampai saat ini Dr. Smaldino nejabat sebagai presiden AECT dan juga sebagai salah satu anggota dewan direktur The international Visual Literacy Association. Dan sekarang dia menjabat sebagai tech trend publikasi AECT.
·      Deborah L. Lowther adalah seorang pendidik selama 26 tahun. Tahun 1994 dia mendapatkan gelar Ph.D Teknologi, menjadi dosen penuh di universitas Memphis, sekarang Dr. Lowther menjabat sebagai seniotr technology researcher for the center research in educational policy.
·      James D. Russel adalah seorang profesor emeritus teknologi prndidikan di Purdue University. Dia telah mengajar selama 40 tahun dan pernah mendapatkan penghargaan berkat pengabdiannya sebagai pengajar di purdue.  Dia adalah penerima Diamond mentor award dari AECT. Dia juga terpilih sebagai anggota Teching academy Purdue dan telah dimasukkan ke dalan book of great teacher purdue.
3.      BUKU INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING, adalah sebuah buku yang di buat dalam rangka ingin membantu menunjukkan bagaimana seluruh  teknologi dan format media dapat di integrasikan dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan model ASSURE ( Analyze Learners, State Objectives, Select Instructional Methods, Media, and Materials, Utilize Media and Materials,  Require Learner Participation, Evaluate and Revise.) untuk perencanaan pelajaran. Ditujukan bagi para pendidik di seluruh level, untuk membantu pendidik menyertakan teknologi dan media ke dalam pembelajaran.
4.      BUKU INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING, bertemakan teknologi pembelajaran ( instructional technology) dimana teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaliasi tentang proses dan sumber untuk belajar. Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yakni media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran, dan pendekatan sistem dalam pendidikan.
5.      STRUKTUR BUKU
·           Pendahuluan, buku ini adalah cetakan ke 9 di tahun 2011. Ditulis dari sudut pandang seorang guru, buku teks ini akan menunjukkan secara spesifik dan realistis bagaimana teknologi dan media dapat pas dengan kehidupan sehari hari kelas tersebut. Buku ini ditujuakan untuk segala level yang mrmberikan penilaian yang sangat tinggi terhadap pembelajaran. Tujuannya untuk membantu para pendidik menyertakan teknologi dan media ke dalam sajian mereka, untuk menggunakan mereka sebagai perangkat mengajar dan memandu siswa siswa menggunakan mereka sebagai perangkat pemelajaran.
·           Buku ini terdiri dari 12 bab materi. Yang terbagi bagi menjadi sub sub pokok bahasan yang di jabarkan secara details sesuai kebutuhan pendidik maupun siswa. Pada inti pokok dalam buku ini adalah menerapkan model assure dalam pembelajaran yang terbagi dalam 3 tahap yaitu Creating My Lesson, Enchancing My Lesson, dan Reflecting My Lesson.
 Ketiga tahap ini bertujuan memudahka pendidik dalam mengembangkan dan mengintegrasikan model pembelajaran kepada peserta didik.
·           Adapun bagian bagian BAB dari buku ini yaitu:
ü  BAB 1 TEKNOLOGI DAN MEDIA, Memudahkan Pembelajaran
ü  BAB 2 STRATEGI – STRATEGI PENGAJARAN , Memadukan Teknologi dan Media
ü  BAB 3 PRINSIP – PRINSIP VISUAL, Merancang Materi yang Efektif
ü  BAB 4 MODEL ASSURE, Menciptakan Pengalaman Belajar
ü  BAB 5 KOMPUTER DAN MULTIMEDIA, Mengakses Dunia Digital
ü  BAB 6 PENDIDIKAN JARAK JAUH, Menghubungkan Para Pelajar Melampaui Ruang Kelas.
ü  BAB 7 BELAJAR ONLINE, Belajar Melalui Jaringan Internet dan komputer
ü  BAB 8 MATERIAL DAN DISPLAY PENGAJARAN, Menggunakan Media untuk  Melibatkan Pemelajar
ü  BAB 9 VISUAL, Meningkatkan Belajar dengan Visual
ü  BAB 10 AUDIO, Menyimak dan Belajar
ü  BAB 11 VIDEO, Meningkatkan Belajar dengan Gambar Bergerak
ü  BAB 12 TREN DALAM TEKNOLOGI DAN MEDIA, Melihat ke Mas Depan.
·      Buku ini dilengkapi dengan dua Apendiks. Apendiks A berisi tenteng bagaimana membuat skenario pembelajaran berdasarkan tingkatan kelas peserta didik. Apendiks B itu berisi tentang bagaiman membuat Pengaturan dan Keselamatan Perlengkapan dalam proses pembelajaran seperti: Cara memasang OHP atau Proyektor, perangkat keras seperti layar, kamera dan lain lain.
6.      KONSEP BUKU
·      Konsep buku ini adalah buku teks yang menyajikan secara sistematis dan bergambar materi materi yang di sampaikan, bisa dikatak buku ini “Picture Learning books”. Selain itu buku ini juga menyuguhkan konsep Belajar dengan video Dengan ditambahkannya DVD kompilasi yang berisi Tata cara penerapan berbagai metode pengajaran yang ada dalam 12 bab yang telah di sajikan.  Sangat menarik, detil, dan ilmiah. Sangat cocok untuk pendidik pemula yang belum terlalu benyak pengetahuan tentang ICT.
·   Bagian penting dari buku ini adalah memberikan modul modul pembelajaran di setiap bahasannya, antara lain hasil pengetahuan, penilaian diri, pertayaan pemikiran kritis, sumberdaya pengembangan profesional ( bab 3, 8, 9, dan 10 ), aktivitas hubungan kelas dan integrasi penilaian, tutorial pembangun keterampilan dan lain lain.
·  Tujuan lain dai penyusunan buku ini  adalah memberikan pengetahuan kepada para pendidik dan peserta didik untuk lebih memahami dan mengenal istilah istilah teknologi dalanm pembelajaran. Tulisan dalam buku ini sudah menggunakan tata bahasa yang baik dan efektif untuk dimengerti semua level.

7.      KESESUAIAN ISI BUKU DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI  SAAT INI
Isi materi dari buku ini sudah sangat baik, karena saat ini teknologi pembelajaran tumbuh kembangnya dari praktik dan gerakan komunikasi audiovisual. Pada mulanya teknologi dilihat kebanyakan orang sebagai suatu teknologi pembelajaran dengan penggunaan peralatan, media, dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau pengajaran dengan alat bantu ( media audio visual), akan tetapi dalam buku ini memperjelasnya bahwa teknologi pembelajaran (instructional technology) tidak hanya hal tersebut akan tetapi  juga mencakup teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaliasi tentang proses dan sumber untuk belajar.
Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yakni media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran, dan pendekatan sistem dalam pendidikan. Jenis jenis materi yang di ungkapkan pun sesuai dengan keadaan perkembangan teknologi sekarang ini, seperti penggunaan model pembelajaran. Media audio, video, online learning,  multimedia, dan lain lainnya.
8.      KESIMPULAN
INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY & MEDIA FOR LEARNING (TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN MEDIA UNTUK BELAJAR) adalah sebuah karya dedikasi tiga orang pendidik yang telah bertahun tahun mengabdikan diri di bidang  Teknologi Pendidikan. Ketiga penulis buku ini Dr. Smaldino, Dr. Lowther, dan Dr.James adalah tiga orang yang sangat berdedikasi tinggi dalam dunia pendidikan khususnya pengembanag media pembelajaran berbasis ICT. Perkembangan yang luar biasa inovasi di segala aspek teknologi adalah pemicu pembuatan buku ini.  Dalam buku ini pembelajaran sangat berkaitan dengan internet dan jaringan komputer yang saat ini adalah tren baru dalam prose belajar mengajar. Buku teks ini telah di perbaharui untuk merefleksikan trean yang sedang berakselerasi menuju pendigitalan informasi dan menggunakan sumberdaya telekomunikasi oleh sekolah seperti website. Buku ini juga memberikan kemudahan beriteraksi antara peran guru, koordinator teknologi, dan spesialis media sekolah. Disamping itu penulis juga mengkombinasikan kemajuan  teknologi dengan tiga aliran yang saling berkepentingan, yakni media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran, dan pendekatan sistem dalam pendidikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar