Kurikulum baik pada tahap kurikulum sebagai ide,
rencana, pengalaman, maupun kurikulum sebagai hasil dalam pengembangannya harus
mengacu atau menggunakan landasan yang kuat dan kokoh, agar kurikulum tersebut
dapat berfungsi serta berperan sesuai dengan tuntutan pendidikan nasional yang
telah digariskan dalam UU no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pada prinsipnya ada empat landasan pokok yang harus dijadikan
dasar dalam setiap pengembangan kurikulum, yaitu:
1.
Landasan Filosofis
Yaitu asumsi – asumsi tentang hakikat realitas,
hakikat manusia, hakikat pengetahuan, dan hakikat nilai yang menjadi titik
tolak dalam pengembangan kurikulum. Asumsi – asumsi filosofis tersebut
berimplikasi pada perumusan tujuan pendidikan, penentuan strategi, serta pada
peranan peserta didik dan peranan pendidik.
2. Landasan
Psikologis
Yaitu asumsi – asumsi yang bersumber dari psikologi
yang dijadikan titik tolak dalam mengembangkan kurikulum. Ada dua jenis
psikologi yang harus menjadi acuan, yaitu psikologi perkembangan dan psikologi
belajar. Psikologi perkembangan mempelajari proses dan karakteristik
perkembangan peserta didik sebagai subjek pendidikan. Sedangkan psikologi
belajar mempelajari tingkah laku peserta didik dalam situasi belajar. Ada tiga
jenis teori belajar yang mempunyai pengaruh besar dalam pengembangan kurikulum,
yaitu teori belajar kognitif, behavioristik, dan humanistik.
3. Landasan
Sosial Budaya
Adalah asumsi – asumsi yang bersumber darti sosiologi
dan antropologi yang dijadikan titik tolak dalam mengembangkan kurikulum.
Karakteristik sosial budaya dimana peserta didik hidup berimplikasi pada
program pendidikan yang akan dikembangkan.
4. Landasan
Ilmiah dan Teknologi
Adalah asumsi – asumsi yang besumber dari hasil –
hasil riset atau penelitian dan aplikasi dari ilmu pengetahuan yang menjadi
titik tolak dalam mengembangkan kurikulum. Pengembangan kurikulum membutuhkan
sumbangan dari berbagai kajian ilmiah dan teknologi baik yang bersifat hardware maupun software sehingga pendidikan yang dilaksanakan dapat menyesuaikan
diri dengan perkembangan ilmu penegtahuan dan teknologi saat ini dan akan
datang.
Sumber: Tim Pengembang MKDP UPI , (2011), Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta:
Rajawali Pers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar