SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi
Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1.1 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang
diproduksi
1.4 Mengidentifikasi
hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
1.5 Mengidentifikasi sistem
ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
|
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
· Pengertian benda pemuas kebutuhan
· Macam-macam benda pemuas kebutuhan
· Kegunaan benda pemuas kebutuhan
·
Pengertian kelangkaan
·
Penyebab kelangkaan
·
Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
·
Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
· Barang apa yang akan diproduksi dan berapa
jumlahnya.
· Bagaimana
cara memproduksi barang.
·
Untuk siapa barang tersebut diproduksi.
· Pengertian biaya sehari-hari dan biaya
peluang
· Kurva kemungkinan produksi
· Pengertian
sistem ekonomi
· Sistem
ekonomi tradisional
· Sistem
ekonomi pasar
· Sistem
ekonomi komando
·
Sistem ekonomi campuran
|
· Mencari informasi tentang pengertian
kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan
manusia di daerah setempat.
·
Mendiskusikan
kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·
Mengklasifikasi jenis kebutuhan berdasarkan
tingkatannya.
·
Menggali informasi tentang kelangkaan.
·
Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·
Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia
yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
·
Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
·
Mengidentifikasi barang-barang apa,
bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi
kelompok dan studi kepustakaan.
·
Mengkaji referensi tentang permasalahan
ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·
Bertanya jawab tentang perbedaan biaya
sehari-hari dan biaya peluang.
·
Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
·
Menggambar kurva kemungkinan produksi.
· Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.
· Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan
cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi
kepustakaan.
|
· Mendeskripsikan
pengertian kebutuhan.
· Mendeskripsikan
jenis-jenis kebutuhan.
· Mengidentifikasi
hal-hal yang memengaruhi kebutuhan.
· Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan
macam-macam benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan
kegunaan benda pemuas kebutuhan.
·
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan.
· Mengidentifikasi
pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
· Bersikap rasional
dalam menyikapi berbagai pilihan.
· Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
· Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi
barang.
· Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
· Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya
peluang
· Menggambar kurva kemungkinan produksi
· Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi tradisional.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi pasar.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi komando.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi campuran.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi,
tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
3 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen
dan konsumen.
Alokasi
Waktu : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
2.1 Mendeskripsikan pola
perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
2.2 Mendeskripsikan circular
flow diagram
2.3 Mendeskripsikan peran
konsumen dan produsen
|
·
Manfaat dan
nilai suatu barang
· Hukum
Gossen I dan II
· Teori
perilaku konsumen
· Pola hidup
hemat dan bersahaja
· Persamaan
produksi
· Teori
produksi
· Perilaku produsen yang
mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
· Circular Flow Diagram
· Manfaat Circular Flow Diagram
· Peran konsumen dan produsen
|
· Membahas manfaat dan nilai suatu barang.
· Menganalisis hukum Gossen I dan II
·
Mendeskripsikan perilaku konsumen dan
produsen melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.
· Membuat
model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
· Mengkaji
referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi
pengambil kebijakan ekonomi.
· Menyebutkan peran
konsumen dalam kegiatan ekonomi.
·
Menyebutkan
peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
|
· Mendeskripsikan manfaat
dan nilai suatu barang.
· Membuat kesimpulan
tentang hukum Gossen.
· Mendeskripsikan teori
perilaku konsumen.
· Menerapkan pola hidup
hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
· Membuat kesimpulan
dari tabel dan grafik persamaan produksi.
· Mendeskripsikan teori
produksi.
· Mengidentifikasi
perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan
masyarakat.
· Membuat model
interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
· Mengidentifikasi
manfaat circular flow diagram.
· Mengidentifikasi peran konsumen dalam
kegiatan ekonomi.
· Mengidentifikasi peran
produsen dalam kegiatan ekonomi.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan
kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
3 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
Alokasi
Waktu : 12 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
3.1 Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
3.2 Menjelaskan hukum
permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
3.3 Mendeskripsikan
pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4 Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar barang
3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
· Pengertian
permintaan
· Pengertian
penawaran
· Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
· Hukum
permintaan dan penawaran
· Fungsi permintaan
· Fungsi penawaran
· Kurva permintaan
· Kurva penawaran
· Harga dan jumlah keseimbangan
· Pengertian
berbagai bentuk pasar barang
· Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli,
pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
· Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar
monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
·
Contoh berbagai bentuk pasar
· Analisis
harga faktor produksi
· TPP, MPP, dan
MRP
· Sewa tanah
· Upah pekerja
· Bunga modal
·
Laba pengusaha
|
·
Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran melalui pengamatan dan diskusi.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
·
Menggambar kurva
permintaan dan penawaran dari contoh konsumsi dan produksi.
·
Membuktikan hukum permintaan dan penawaran melalui diskusi dan referensi.
·
Menyebutkan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menemukan fungsi permintaan
dan penawaran melalui pengamatan kurva permintaan dan penawaran terhadap
barang.
· Merumuskan pengertian elastisitas dan
jenis-jenisnya melalui referensi dan sumber belajar sekunder.
· Memberi contoh proses terbentuknya harga dan
jumlah keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·
Menghitung
elastisitas permintaan dan penawaran secara matematis dengan menggunakan
tabel dan kurva.
·
Menentukan harga
dan jumlah keseimbangan dengan menggunakan tabel dan kurva.
·
Mendeskripsikan pengertian, ciri-ciri,
kebaikan dan keburukan berbagai bentuk pasar barang melalui pengamatan dan referensi.
·
Mendeskripsikan pengertian, bentuk, dan
teori dalam pasar faktor produksi melalui pengamatan, studi lapangan, dan
referensi.
|
·
Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
· Menggambar kurva
permintaan dan penawaran.
· Menginterpretasikan
hukum permintaan dan penawaran.
· Memberi contoh
penerapan hukum permintaan dan penawaran.
· Menerapkan fungsi
permintaan dan fungsi penawaran serta
menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan
jumlah keseimbangan serta
menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan
elastisitas dan jenis-jenisnya.
· Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
barang.
· Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk
pasar barang.
· Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari
bentuk pasar.
· Memberi contoh berbagai bentuk pasar
· Mengidentifikasi pentingnya analisis harga
faktor produksi.
· Mendeskripsikan teori produktivitas
marjinal.
· Menjelaskan TPP, MPP, dan MR.P
· Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
· Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah
pekerja.
· Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga
modal.
·
Mendeskripsikan laba pengusaha.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan
kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang
ekonomi.
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
4.1 Mendeskripsikan
perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.
4.2 Mendeskripsikan
masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
|
· Pengertian ekonomi
mikro dan makro
· Perbedaan antara
ekonomi mikro dan makro
· Pertumbuhan ekonomi
· Inflasi
· Pengangguran
· Kemiskinan
· Defisit anggaran pemerintah
· Utang luar negeri
|
·
Mendeskripsikan
pengertian ekonomi mikro dan makro melalui referensi.
·
Mendiskusikan perbedaan ekonomi mikro dan makro.
·
Memberi contoh
ekonomi mikro dan masyarakat di lingkungannya.
·
Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
melalui pengamatan di lingkungan sekitar.
·
Memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui
diskusi.
|
·
Mendeskripsikan
pengertian ekonomi mikro dan makro.
·
Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan
makro.
· Memberi contoh di
masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.
· Mengidentifikasi
masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
· Mendeskripsikan cara
mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan
kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
4 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto
(PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Alokasi
Waktu : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
5.1 Menjelaskan konsep PDB,
PDRB, PNB, dan PN
5.2 Menjelaskan manfaat
perhitungan pendapatan nasional
5.3 Membandingkan PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain
5.4 Mendeskripsikan indeks
harga dan inflasi
|
·
PDB
·
PDRB
·
PNB
· PN
· Pendapatan per kapita
·
Manfaat
penghitungan pendapatan nasional
· Menghitung pendapatan
nasional
· Membandingkan PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.
·
Pengertian dan hubungan indeks harga dan inflasi
· Penyebab,
dampak, dan cara mengatasi inflasi
· Penghitungan inflasi
|
·
Mendeskripsikan
pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI melalui referensi.
·
Menghitung pendapatan per kapita berdasarkan data BPS.
· Mengidentifikasi
manfaat penghitungan pendapatan nasional melalui referensi.
·
Menunjukkan perbedaan metode penghitungan pendapatan nasional dengan
pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran.
·
Membandingkan
PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain melalui referensi.
· Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan
indeks harga konsumen.
· Menunjukkan hubungan indeks harga dengan
inflasi.
· Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis
inflasi.
· Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara
mengatasi inflasi melalui diskusi dan referensi.
·
Menghitung angka
inflasi.
|
·
Mendeskripsikan
pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI.
·
Menghitung pendapatan per kapita.
· Mengidentifikasi manfaat penghitungan
pendapatan nasional.
· Menghitung pendapatan
nasional dengan pendekatan produksi,
pendapatan, dan pengeluaran.
· Membandingkan PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.
· Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan
indeks harga konsumen.
· Menghubungkan indeks harga dengan inflasi.
· Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis
inflasi.
·
Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara
mengatasi inflasi.
· Menghitung angka inflasi.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan
kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
2 x 45 menit
1 x 45 menit
2 x 45 menit
3 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi.
Alokasi
Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
6.1 Mendeskripsikan fungsi
konsumsi dan fungsi tabungan
6.2 Mendeskripsikan kurva
permintaan investasi
|
· Fungsi konsumsi
· Fungsi tabungan
· Kurva permintaan investasi
|
·
Menentukan MPC, APC,
MPS, dan APS dengan fungsi matematis serta menggunakan kurva.
· Menggambar kurva fungsi konsumsi dan fungsi
tabungan.
· Mendeskripsikan
kurva permintaan investasi melalui referensi.
|
·
Menggunakan fungsi
konsumsi dan cara menggambarkannya.
·
Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya.
· Mendeskripsikan pengertian investasi.
· Mendeskripsikan fungsi
investasi.
· Mendeskripsikan kurva
permintaan investasi.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan
kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
6 x 45 menit
4 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program :
X
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan.
Alokasi
Waktu : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
7.1 Menjelaskan konsep
permintaan dan penawaran uang
7.2 Membedakan peran bank
umum dan bank sentral
7.3 Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang moneter
|
·
Pengertian uang
·
Fungsi uang
·
Permintaan uang
· Penawaran uang
·
Pengertian bank
·
Fungsi bank
· Peran bank umum dan bank sentral
· Produk-produk perbankan
· 5C
· Kebaikan dan keburukan kredit
· Tujuan kebijakan moneter
· Kebijakan moneter pasar terbuka
· Kebijakan moneter diskonto
· Kebijakan moneter cadangan kas
· Kebijakan moneter dorongan moral
|
·
Mendeskripsikan
pengertian dan fungsi uang melalui referensi.
·
Mendeskripsikan pengertian permintaan dan
penawaran uang dan menggambarkan kurvanya.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran kurva permintaan dan penawaran uang.
·
Mendeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi bank, serta cara memanfaatkan
produk perbankan bagi siswa dan pengusaha melalui diskusi dan studi lapangan.
·
Mendeskripsikan pengertian kredit dan persyaratannya, serta kebaikan dan
keburukan kredit melalui referensi.
·
Merumuskan kebijakan melalui referensi.
|
·
Mendeskripsikan
pengertian uang.
·
Mengidentifikasi
fungsi uang.
·
Mendeskripsikan
permintaan uang.
·
Mendeskripsikan
penawaran uang.
· Mendeskripsikan
pengertian bank.
· Menguraikan fungsi
bank sentral.
· Menguraikan fungsi
bank umum.
· Menguraikan fungsi
bank syariah.
· Menguraikan fungsi
bank perkreditan rakyat.
· Mengidentifikasi peran
bank umum dan bank sentral.
· Mengidentifikasi
produk-produk perbankan.
· Menyebutkan jenis dan
fungsi lembaga keuangan.
· Menguraikan 5C.
· Mendeskripsikan
kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah
· Mendeskripsikan tujuan
kebijakan moneter.
· Mendeskripsikan
kebijakan dan instrumen kebijakan moneter
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan
kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
|
2 x 45 menit
4 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi dan sumber lain yang relevan
|