Minggu, 13 Mei 2012

ANALISIS DESAIN RPP AKUNTANSI


                            DESAIN INSTRUKSIONAL

ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1. PERILAKU UMUM
Menyusun Laporan Keuangan Rugi – Laba Perusahaan Dagang

2. PERILAKU KHUSUS
Perilaku umum di atas diuraikan menjadi perilaku-perilaku khusus seperti berikut ini:
©    Menghitung Penjualan Bersih
©    Menghitung Pembelian Bersih
©    Menghitung Harga Pokok Penjualan
©    Menghitung Laba Kotor
©    Mengelompokkan Beban – Beban Usaha
©    Menghitung Laba Bersih

3. MENGIDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL SISWA
Perilaku dan karakteristik awal siswa diidentifikasi dengan menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Populasi sasaran adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA N 5 Baturaja OKU. Berdasarkan analisis hasil tes, observasi, dan wawancara di atas dapat disimpulkan bahwa Materi yang perlu diajarkan kepada siswa adalah
1.      Menghitung Pembelian Bersih
2.      Menghitung Harga pokok Penjualan
3.      Media pembelajaran yang bisa dipakai adalah Laptop, In fokus, LKS Format Laporan Keuangan Rugi – Laba.

4.  MENENTUKAN TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Tabel 1. Penentuan TIK
Audience
Behaviour
Condition
Degree
1.    Siswa SMA kelas XII IPS 1
Menghitung Pembelian Bersih
Diberikan rumus pembelian bersih: pembelian, beban usaha, retur pembelian PH, dan potongan pembelian
 90% * Benar


Audience
Behaviour
Condition
Degree
2.    Siswa SMA N 5 OKU kelas XII IPS 1
Menghitung harga pokok penjualan
Diberikan Rumus HPP: persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan Persediaan Barang Dagang Akhir
 90% * Benar
* 90% benar adalah kriteria yang diperoleh dari ketepatan, dan ketelitian siswa dalam mengidentifikasikan data ke dalam rumus yang diberikan serta tata cara memasukkan hasil perhitungan ke dalam format perhitungannya.

Berdasarkan tabel ABCD di atas, dapat kita tentukan Tujuan Instruksional Khusus untuk
perilaku khusus Menghitung harga pokok penjualan adalah sebagai berikut :
1.      Jika Diberikan rumus Pembelian bersih: pembelian, beban usaha, retur pembelian PH, dan potongan pembelian siswa akan dapat menghitung jumlah pembelian bersi pada perusahaan dagang.
2.      Jika Diberikan rumus HPP: persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.

5.  MENENTUKAN TES ACUAN PATOKAN
Tujuan tes ini adalah untuk memberikan umpan balik bagi siswa tentang hasil belajar siswa dalam tiap tahap proses belajarnya.
Tabel 2 . Tabel Spesifikasi
NO.
Daftar Perilaku
Bobot Perilaku
Jenis Tes
Jumlah Butir Tes
1.
Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)
100%
Tertulis (Essay)
1 soal
2.
Menghitung Laba Bersih
100%
Tertulis (Essay)
1 soal




Tabel 2 Butir Tes
NO
TIK
BUTIR SOAL
PETUNJUK
KUNCI JAWABAN
SKOR
1.
Jika Diberikan rumus Pembelian bersih: pembelian, beban usaha, retur pembelian PH, dan potongan pembelian siswa akan dapat menghitung jumlah pembelian bersi pada perusahaan dagang.

Tentukanlah pembelian bersih PD Maju Jaya jika diketahui :
Pembelian Rp.82.500, beban angkut pembelian Rp. 2.500, Retur pembelian dan PH
Rp. 2.500, dan potongan pembelian Rp. 1.500
(Harga dalam Jutaan Rupiah)
·   Hitunglah Pembelian Bersih PD Maju Jaya dengan Menggunakan Rumus Pembelian Bersih!!
·   (Waktu 10 menit)
· Pembelian Bersih = (Pembelian + Beban Angkut Pembelian) – ( Retur Pembelian dan PH + Potongan Pembelian)
· (Rp. 82.500 + Rp. 2.500) – (Rp. 2.500 + Rp.1.500)
= Rp.81.000
Jadi  pembelian bersih PD jaya maju = Rp.81.000
30





70


Jika Diberikan rumus HPP : persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.


Tentukanlah HPP  per 1 januari 2012 dari PD Maju jaya jika diketahui : Persediaan barang dagang awal Rp. 12.200, pembelian bersih Rp.81.000 dan persediaan barang dagangan akhir Rp. 13.500.
(Harga dalam Jutaan Rupiah)

·   Hitunglah HPP PD
maju jaya tersebut dengan menggunakan Rumus Perhitungan HPP!!
·   (Waktu 10 menit)

·   HPP = Persediaan Barang dagang awal + Pembelian Bersih – Persediaan Barang dagang Akhir
·   HPP PD Maju jaya =
Rp. 12.200 + Rp. 81.000 – Rp. 13.500 =  Rp. 79.700
Jadi HPP pd maju jaya per 1 januari 2012 = Rp. 79.700
                                                


30




70








6.  PENGEMBANGAN STRATEGI INSTRUKSIONAL
Tabel 3. Strategi Instruksional 1




URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL

METODE
MEDIA
WAKTU
(DALAM
MENIT)
Guru
Siswa
Jumlah
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat:
Materi ini adalah tentang bagaimana Menyusun Laporan keuangan perusahaan dagang yang salah satu komponennya adalah perhitungan Pembelian Bersih

Ceramah
Ms. Power Point
3
-
3
Relevansi:

Materi ini berhubungan dengan materi perhitungan Laba Bersih perusahaan dagang.
Diskusi
Papan tulis
2
2
4
TIK:






Jika Diberikan rumus Pembelian bersih: pembelian, beban usaha, retur pembelian PH, dan potongan pembelian siswa akan dapat menghitung jumlah pembelian bersi pada perusahaan dagang.


Ceramah



-



2



-



2




P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
PERHITUNGAN PEMBELIAN BERSIH PERUSAHAAN DAGANG  
Langkah – Langkah:
©  Tentukan jumlah persediaan barang dagang awal
© Tentukan jumlah Pembelian awal ditambah beban angkut pembelian dikurangkan dengan Retur pembelian dan PH yang telah di kurangi Potongan Pembelian

Ceramah
MS Power Point
5
-
5
Contoh:
Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 12.500.000, pembelian awal Rp. 8.000.000, Beban angkut Rp. 2.200.000, Retur dan PH Rp. 1.500.000 dan Potongan Pembelian Rp. 1.700.000 hitunglah Jumlah Pembelian Bersihnya?
Ceramah bervariasi
LKS
2
5
7
Latihan:
Siswa Mengerjakan Contoh Soal diatas atau soal yang ada pada LKS dan Buku pelajarannya yang struktur soalnya serupa dengan contoh yang telah diberikan.
Diskusi Siswa
Buku Siswa dan  LKS
2
5
7



P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif
Siswa mengerjakan 1 tes Formatif Tentang Perhitunga Pembelian Bersih Perusahaan Dagang yaitu :
Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 20.500.000, pembelian awal Rp. 5.000.000, Beban angkut Rp. 1.200.000, Retur dan PH Rp. 1.000.000 dan Potongan Pembelian Rp. 1.500.000 hitunglah Jumlah Pembelian Bersihnya?
-
Kertas Soal
2
10
15
Tindak Lanjut:
Menugaskan siswa membaca materi tentang perhitungan  Harga Pokok Penjualan (HPP)
Ceramah
-
2
-
2
Jumlah Waktu




45
  
                                     Tabel 3. Strategi Instruksional 2




URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL

METODE
MEDIA
WAKTU
(DALAM
MENIT)
Guru
Siswa
Jumlah
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat:
Materi ini adalah tentang bagaimana Menyusun Laporan keuangan perusahaan dagang yang salah satu komponennya adalah perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)
Ceramah
Ms. Power Point
3
-
3
Relevansi:
Materi ini berhubungan dengan materi perhitungan Laba Bersih perusahaan dagang.
Diskusi
Papan tulis
2
2
4
TIK:






Jika Diberikan rumus HPP : persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.

.

Ceramah



-



2



-



2




P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN PERUSAHAAN DAGANG  
Langkah – Langkah:
©  Tentukan Jumlah Persediaan Barang Dagang awal
© Tentukan jumlah Pembelian Bersih
© Tentukan jumlah barang dagangan akhir
Ceramah
MS Power Point
5
-
5
Contoh:

Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 12.500.000, pembelian bersih Rp.26.200.000, Persediaan Barang dagang akhir Rp. 14.000.000 Hitunglah HPP nya!

Ceramah bervariasi
LKS
2
5
7
Latihan:

Siswa Mengerjakan Contoh Soal diatas atau soal yang ada pada LKS dan Buku pelajarannya yang struktur soalnya serupa dengan contoh yang telah diberikan.
Diskusi Siswa
Buku Siswa dan  LKS
2
5
7






P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif
Siswa mengerjakan 1 tes Formatif Tentang PerhitungaHPP Perusahaan Dagang yaitu :
Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 20.500.000, Pembelian Bersih Rp. 25.000.000 dan Persediaan Barang Dagang Akhir Rp. 15.200.000 Hitunglah HPP nya!!
-
Kertas Soal
2
10
15
Tindak Lanjut:
Menugaskan siswa membaca materi tentang Perhitungan Laba Bersih Perusahaan Dagang
Ceramah
-
2
-
2
Jumlah Waktu




45

7.  PENGEMBANGAN BAHAN INSTRUKSIONAL
Ada tiga macam cara mengembangkan bahan Instruksional yaitu :
1)      Pengembangan Bahan Ajar Mandiri
2)      Pengembangan Bahan Ajar Konvensional
3)      Pengembangan Bahan Ajar PBS ( Pengajar, Bahan, dan Siswa)
Dalam Desain ini akan dipakai pengembangan bahan ajar yang akan dipakai adalah pengembangan bahan ajar MANDIRI yang akan dibuat sendiri oleh desainer. Adapun bentuknya adalah MODUL Pengajaran, Untuk jelasnya dapat dilihat Lampiran.


8.  MENYUSUN DESAIN INSTRUKSIONAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEBELUM EVALUASI FORMATIF

Sekolah                       : SMA NEGERI 5 OKU
Mata Pelajaran          : Ekonomi Akuntansi
Kelas / Semester         : XII (dua belas) / 1 (SATU)

A.  STANDAR KOMPETENSI

Menyusun Laporan Keuangan Persahaan Dagang

B. KOMPETENSI DASAR
5.1 Menghitung Pembelian Bersih
5.2 Menghitung harga pokok penjualan (HPP)

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.    Menghitung pembelian bersih.
2.    Menghitung harga pokok penjualan.

D. ALOKASI WAKTU  : 2 x 45 menit

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Jika Diberikan rumus HPP : persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.
2. Jika Diberikan rumus HPP : persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.

Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif.

F. MATERI AJAR
1. PERHITUNGAN PEMBELIAN BERSIH PERUSAHAAN DAGANG  
Langkah – Langkah:
©  Tentukan jumlah persediaan barang dagang awal
© Tentukan jumlah Pembelian awal ditambah beban angkut pembelian dikurangkan dengan Retur pembelian dan PH yang telah di kurangi Potongan Pembelian

2.    PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN PERUSAHAAN DAGANG  
Langkah – Langkah:
©  Tentukan Jumlah Persediaan Barang Dagang awal
© Tentukan jumlah Pembelian Bersih
Tentukan jumlah barang dagangan akhir
G. CONTOH :
1.      Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 12.500.000, pembelian awal Rp. 8.000.000, Beban angkut Rp. 2.200.000, Retur dan PH Rp. 1.500.000 dan Potongan Pembelian Rp. 1.700.000 hitunglah Jumlah Pembelian Bersihnya?
2.      Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 12.500.000, pembelian bersih Rp.26.200.000, Persediaan Barang dagang akhir Rp. 14.000.000 Hitunglah HPP nya!
H. PENDEKATAN
Kontekstual
I. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah Bervariasi

J. STRATEGI PEMBELAJARAN

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
·   Melakukan Perhitungan Pembelian Bersih
·   Melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
·   Siswa Dapat Menghitung Pembelian Bersih
·   Siswa dapat Menghitung harga pokok penjualan.
K. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
©    Apersepsi : Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang pembelian bersih dan harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
©    Motivasi : Penghitungan pembelian bersih dan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi : Siswa dapat Menghitung hargapokok penjualan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Guru menjelaskan langkah-langkah menyusun Laporan keuangan Laba – Rugi perusahaan dagang. Guru menjelaskan contoh format laporan keuangan tersebut dengan menggunakan modul bahan ajar yang telah dibuat.
2.    Guru menjelaskan komponen – komponen penyusun laporan keuangan rugi laba
3.    Guru menjelaskan tentang perhitungan pembelian bersih
4.    Guru menjelaskantentang perhitungan HPP
5.    Siswa mengerjakan contoh soal perhitungan pembelian bersih
6.    Siswa mengerjakan contoh soal perhitungan HPP
7.    Guru mengevaluasi hasil latihan siswa


Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal mengenai materi pembelian bersih dan HPP (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan kembali tentang materi pembelian bersih dan HPP.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·  Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
·  Lembar pengamatan (afektif)
·  Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi dan modul pembelajaran  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
L. SUMBER DAN ALAT
©         Buku Teks Ekonomi SMA KELAS XII ESIS
©         Modul Pembelajaran Mandiri
©         LKS
©         MS Power Point dan In Fokus

Mengetahui                                                                          Baturaja,.................2012        
Kepala Sekolah SMAN 5 OKU                                          Guru IPS Ekonomi



H. HASBULLAH S.Pd.                                                          ANITA ADESTI S.Pd.
NIP:1952.05271974.031004                                                                      

9.  MELAKUKAN EVALUASI FORMATIF

1.  Hasil Review Ahli Bidang Studi (Expert)
Setelah dilakukan evaluasi formatif ahli Menyarankan bahwa pada metode pengajaran baiknya di tambah dengan Metode Diskusi Kelompok siswa dengan bahan diskusi memakai modul yang telah dibuat desainer. Karena jika hanya dengan ceramah bervariasi siswa akan bosan dan cenderung tidak cepat paham pada materi perhitungan pembelian bersih dan HPP ini.
2.  Review Ahli Tata Bahasa
Setelah dievaluasi oleh ahli tata bahasa bahwa bahasa yang digunakan sudah cukup baik dan komunikatif hanya pada penulisan saja yang harus diperhatikan kesinambungannya antara satu kalimat ke kalimat yang lain karena sifat dari RPP adalah kalimat perintah yang harus jelas tujuannnya. Format evaluasi bahasa terlampir

                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SETELAH  EVALUASI FORMATIF

Sekolah                       : SMA NEGERI 5 OKU
Mata Pelajaran          : Ekonomi Akuntansi
Kelas / Semester         : XII (dua belas) / 1 (SATU)

B.  STANDAR KOMPETENSI

Menyusun Laporan Keuangan Persahaan Dagang

B. KOMPETENSI DASAR
5.1 Menghitung Pembelian Bersih
5.2 Menghitung harga pokok penjualan (HPP)
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.    Menghitung pembelian bersih.
2.    Menghitung harga pokok penjualan.

D. ALOKASI WAKTU  : 2 x 45 menit

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Jika Diberikan rumus HPP : persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.
2. Jika Diberikan rumus HPP : persediaan barang dagang awal, pembelian bersih barang dagang, dan persediaan barang dagang akhir, siswa akan dapat menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.

Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif.

F. MATERI AJAR
1. PERHITUNGAN PEMBELIAN BERSIH PERUSAHAAN DAGANG  
Langkah – Langkah:
©  Tentukan jumlah persediaan barang dagang awal
© Tentukan jumlah Pembelian awal ditambah beban angkut pembelian dikurangkan dengan Retur pembelian dan PH yang telah di kurangi Potongan Pembelian
©  
3.    PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN PERUSAHAAN DAGANG  
Langkah – Langkah:
©  Tentukan Jumlah Persediaan Barang Dagang awal
© Tentukan jumlah Pembelian Bersih
Tentukan jumlah barang dagangan akhir
G. CONTOH :
3.      Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 12.500.000, pembelian awal Rp. 8.000.000, Beban angkut Rp. 2.200.000, Retur dan PH Rp. 1.500.000 dan Potongan Pembelian Rp. 1.700.000 hitunglah Jumlah Pembelian Bersihnya?
4.      Diketahui Persediaan Barang Dagang awal PD Maju Jaya Per 1 januari 2012 adalah Rp. 12.500.000, pembelian bersih Rp.26.200.000, Persediaan Barang dagang akhir Rp. 14.000.000 Hitunglah HPP nya!
H. PENDEKATAN
Kontekstual
I. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah Bervariasi dan Diskusi Kelompok

J. STRATEGI PEMBELAJARAN

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
·   Melakukan Perhitungan Pembelian Bersih
·   Melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
·   Siswa Dapat Menghitung Pembelian Bersih
·   Siswa dapat Menghitung harga pokok penjualan.
K. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
©    Apersepsi : Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang pembelian bersih dan harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
©    Motivasi : Penghitungan pembelian bersih dan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.
2. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan eksplorasi : Siswa dapat Menghitung Pembelian bersih dan harga pokok penjualan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.    Guru menjelaskan langkah-langkah menyusun laporan keuangan laba  rugi perusahaan dagang. Guru menjelaskan dengan menggunakan modul bahan ajar yang telah dibuat.
b.   Siswa dikelompokkan menjadi  4 kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6  orang (disesuaikan dengan jumlah siswa)
c.    Kelompok pertama dan kedua diberi tugas untuk melakukan penghitungan pembelian bersih dan sekaligus mengidentifikasi akun akun apa saja yang masuk dalam perhitungan pembelian bersih
d.   Kelompok ketiga dan ke empat  diberi tugas untuk melakukan penghitungan harga pokok penjualan sekaligus mengidentifikasi akun akun apa saja yang masuk dalam perhitungan HPP.
e.    Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas sedangkan kelompok yang lain menanggapi
f.     Guru mengevaluasi hasil diskusi dan presentasi  tiap kelompok
g.    Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pembelian bersih dan HPP.
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal mengenai materi pembelian bersih dan HPP (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan kembali tentang materi pembelian bersih dan HPP.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·  Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
·  Lembar pengamatan (afektif)
·  Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi dan modul pembelajaran  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
L. SUMBER DAN ALAT
©         Buku Teks Ekonomi SMA KELAS XII ESIS
©         Modul Pembelajaran Mandiri
©         LKS
©         MS Power Point dan In Fokus
Mengetahui                                                                          Baturaja,.................2012        
Kepala Sekolah SMAN 5 OKU                                           Guru IPS Ekonomi


H. HASBULLAH S.Pd.                                                          ANITA ADESTI S.Pd.
NIP:1952.05271974.031004                                                                      
LAMPIRAN
1.    Penilaian Afektif
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Memperhatikan penjelasan guru




2.
Bertanya baik kepada teman maupun kepada guru




3.
Mengerjakan latihan soal




4.
Menuliskan jawaban latihan di papan tulis




5.
Menanggapi jawaban latihan di papan tulis





Keterangan: 
  Skor 1 jika aspek tersebut tidak pernah muncul
    Skor 2 jika aspek tersebut jarang muncul
    Skor 3 jika aspek tersebut kadang-kadang muncul
    Skor 4 jika aspek tersebut sering muncul              

  

 2. Format Instrumen Evaluasi Formatif Bahan Ajar
Judul Bahan Ajar : Perhitungan pembelian bersih dan HPP perusahaan dagang
Mata Pelajaran : Ekonomi
Penulis : Anita Adesti
Evaluator : Yanti Sari Asih, S.Pd
Tanggal : 12 MEI 2012
Petunjuk pengisian
Berilah tanda check (v) pada kolom yang paling sesuai dengan penilaian Anda.
1 = sangat tidak baik/sesuai
2 = kurang sesuai
3 = cukup
4 = baik 
5 = sangat baik/sesuai 


2.    Instrumen Evaluasi Formatif Ahli Bahasa
No
Komponen
1
2
3
4
5

Kelayakan Isi





1
Kesesuaian dengan SK /KD



     v

2
Kesesuaian dengan kebutuhan siswa




     v

3
Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar 




     v

4
Kebenaran substansi materi


    v


5
Manfaat untuk penambahan wawasan pengetahuan



    v


6
Kesesuaian dengan nilai-nilai, moralitas, sosial



    v



Kebahasaan





1
Keterbacaan



    v

2
Kejelasan informasi



    v

3
Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia



     v


4
Penggunaan bahasa secara efektif dan efisien



     v



Sajian





1
Kejelasan tujuan


     v
   

2
Urutan penyajian


     v


3
Pemberian motivasi


     v


4
Interaktivitas (stimulus dan respond)



    v


5
Kelengkapan informasi


     v



Kegrafisan





1
Penggunaan font (jenis dan ukuran)




     v

2
Layout, tata letak 


      v


3
Ilustrasi, grafis, gambar, foto



     v

4
Desain tampilan



     v



REFERENSI

Alam, S. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta : ESIS
Suparman, Atwi. 2004. Desain Intruksional. Jakarta: Universitas Terbuka





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar