Laman

PENGUNJUNG

Rabu, 30 Mei 2012

SILABUS EKONOMI SMA LENGKAP

SILABUS
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1.1  Mengidentifikasi kebutuhan manusia




















1.2  Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas









1.3  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi



1.4  Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.






1.5  Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
· Pengertian benda pemuas kebutuhan
· Macam-macam benda pemuas kebutuhan
· Kegunaan benda pemuas kebutuhan








· Pengertian kelangkaan
· Penyebab kelangkaan
· Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
· Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan





·    Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
·    Bagaimana cara memproduksi barang.
· Untuk siapa barang tersebut diproduksi.


·    Pengertian biaya sehari-hari dan biaya peluang
· Kurva kemungkinan produksi







·    Pengertian sistem ekonomi
·    Sistem ekonomi tradisional
·    Sistem ekonomi pasar
·    Sistem ekonomi komando
· Sistem ekonomi campuran
·    Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·    Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·    Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·    Mengklasifikasi jenis kebutuhan berdasarkan tingkatannya.









· Menggali informasi tentang kelangkaan.
· Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
· Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
· Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.

·    Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.




·    Mengkaji referensi tentang permasalahan ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·    Bertanya jawab tentang perbedaan biaya sehari-hari dan biaya peluang.
·    Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
·    Menggambar kurva kemungkinan produksi.

·    Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.
·    Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.
· Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
· Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
· Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi kebutuhan.
· Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.






· Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
· Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
· Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.


·    Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
·    Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
·    Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.



·    Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
·    Menggambar kurva kemungkinan produksi







·    Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
·    Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.



Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
3 x 45 menit




















2 x 45 menit













2 x 45 menit









2 x 45 menit










2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan














SILABUS
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1  Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.





















2.2  Mendeskripsikan circular flow diagram





2.3  Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen



·    Manfaat dan nilai suatu barang
·    Hukum Gossen I dan II
·    Teori perilaku konsumen
·    Pola hidup hemat dan bersahaja
·    Persamaan produksi
·    Teori produksi
· Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.









· Circular Flow Diagram
· Manfaat Circular Flow Diagram




· Peran konsumen dan produsen




·    Membahas manfaat dan nilai suatu barang.
·    Menganalisis hukum Gossen I dan II
·    Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.

















· Membuat model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
· Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.

·    Menyebutkan peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
·    Menyebutkan peran produsen dalam kegiatan ekonomi.


· Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
· Membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
· Mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
· Menerapkan pola hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
· Membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
· Mendeskripsikan teori produksi.
· Mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.



· Membuat model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
· Mengidentifikasi manfaat circular flow diagram.


·    Mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
· Mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.

Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
3 x 45 menit
























2 x 45 menit






2 x 45 menit




















Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan






SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Alokasi Waktu            : 12 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
3.1  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.





















3.2  Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.



3.3  Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan


















3.4  Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang

















3.5  Mendeskripsikan pasar input



·    Pengertian permintaan
·    Pengertian penawaran
·    Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
















· Hukum permintaan dan penawaran







· Fungsi permintaan
· Fungsi penawaran
· Kurva permintaan
· Kurva penawaran
· Harga dan jumlah keseimbangan















·    Pengertian berbagai bentuk pasar barang
· Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
· Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
· Contoh berbagai bentuk pasar

·    Analisis harga faktor produksi
·    TPP, MPP, dan MRP
·    Sewa tanah
·    Upah pekerja
·    Bunga modal
·    Laba pengusaha
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui pengamatan dan diskusi.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
·    Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari contoh konsumsi dan produksi.













· Membuktikan hukum permintaan dan penawaran melalui diskusi dan referensi.
· Menyebutkan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari.


·    Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pengamatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang.
·    Merumuskan pengertian elastisitas dan jenis-jenisnya melalui referensi dan sumber belajar sekunder.
·    Memberi contoh proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·    Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran secara matematis dengan menggunakan tabel dan kurva.
·    Menentukan harga dan jumlah keseimbangan dengan menggunakan tabel dan kurva.

·    Mendeskripsikan pengertian, ciri-ciri, kebaikan dan keburukan berbagai bentuk pasar barang melalui pengamatan dan referensi.















·    Mendeskripsikan pengertian, bentuk, dan teori dalam pasar faktor produksi melalui pengamatan, studi lapangan, dan referensi.
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
· Menggambar kurva permintaan dan penawaran.












· Menginterpretasikan hukum permintaan dan penawaran.
· Memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran.


· Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.








·    Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
·    Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
·    Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar.
·    Memberi contoh berbagai bentuk pasar









·    Mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi.
·    Mendeskripsikan teori produktivitas marjinal.
·    Menjelaskan TPP, MPP, dan MR.P
·    Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
·    Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
·    Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
·   Mendeskripsikan laba pengusaha.





Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
2 x 45 menit
























2 x 45 menit







2 x 45 menit




















2 x 45 menit


















2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan

SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
4.1  Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.






















4.2  Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi















·    Pengertian ekonomi mikro dan makro
·    Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro




















·    Pertumbuhan ekonomi
·    Inflasi
·    Pengangguran
·    Kemiskinan
·    Defisit anggaran pemerintah
· Utang luar negeri















·    Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro melalui referensi.
·    Mendiskusikan perbedaan ekonomi mikro dan makro.
·    Memberi contoh ekonomi mikro dan masyarakat di lingkungannya.

















· Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui pengamatan di lingkungan sekitar.
· Memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui diskusi.





·    Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro.
·    Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro.
· Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.














· Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
· Mendeskripsikan cara mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi.




Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
4 x 45 menit
























2 x 45 menit









Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan











SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
5.1  Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN























5.2  Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional




5.3  Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain


5.4  Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi


·    PDB
·    PDRB
·    PNB
·    PN
·    Pendapatan per kapita





















·    Manfaat penghitungan pendapatan nasional
· Menghitung pendapatan nasional




· Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.



· Pengertian dan hubungan indeks harga dan inflasi
· Penyebab, dampak, dan cara mengatasi inflasi
· Penghitungan inflasi





·    Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI melalui referensi.
·    Menghitung pendapatan per kapita berdasarkan data BPS.






















· Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional melalui referensi.
· Menunjukkan perbedaan metode penghitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran.

·    Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain melalui referensi.



·    Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen.
·    Menunjukkan hubungan indeks harga dengan inflasi.
·    Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi.
·    Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi melalui diskusi dan referensi.
·    Menghitung angka inflasi.
·    Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI.
·    Menghitung pendapatan per kapita.





















·    Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional.
· Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran.

· Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.



·    Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen.
·    Menghubungkan indeks harga dengan inflasi.
·    Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi.
·   Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi.
·    Menghitung angka inflasi.
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap




2 x 45 menit

























1 x 45 menit







2 x 45 menit





3 x 45 menit















Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan
SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 6. Memahami konsumsi dan investasi.
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
6.1  Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan






















6.2  Mendeskripsikan kurva permintaan investasi



























·    Fungsi konsumsi
·    Fungsi tabungan























·    Kurva permintaan investasi

















·    Menentukan MPC, APC, MPS, dan APS dengan fungsi matematis serta menggunakan kurva.
·    Menggambar kurva fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.



















· Mendeskripsikan kurva permintaan investasi melalui referensi.








·    Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya.
·    Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya.



















·    Mendeskripsikan pengertian investasi.
· Mendeskripsikan fungsi investasi.
· Mendeskripsikan kurva permintaan investasi.












Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
6 x 45 menit
























4 x 45 menit


















Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan





SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 7. Memahami uang dan perbankan.                                
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
7.1  Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang






















7.2  Membedakan peran bank umum dan bank sentral






















7.3  Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter






·    Pengertian uang
·    Fungsi uang
·    Permintaan uang
·    Penawaran uang





















·          Pengertian bank
·          Fungsi bank
·    Peran bank umum dan bank sentral
·    Produk-produk perbankan
·    5C
·    Kebaikan dan keburukan kredit















·    Tujuan kebijakan moneter
·    Kebijakan moneter pasar terbuka
·    Kebijakan moneter diskonto
·    Kebijakan moneter cadangan kas
·    Kebijakan moneter dorongan moral
·    Mendeskripsikan pengertian dan fungsi uang melalui referensi.
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang dan menggambarkan kurvanya.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran kurva permintaan dan penawaran uang.














· Mendeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi bank, serta cara memanfaatkan produk perbankan bagi siswa dan pengusaha melalui diskusi dan studi lapangan.
· Mendeskripsikan pengertian kredit dan persyaratannya, serta kebaikan dan keburukan kredit melalui referensi.















·    Merumuskan kebijakan melalui referensi.
·    Mendeskripsikan pengertian uang.
·    Mengidentifikasi fungsi uang.
·    Mendeskripsikan permintaan uang.
·    Mendeskripsikan penawaran uang.

















· Mendeskripsikan pengertian bank.
· Menguraikan fungsi bank sentral.
· Menguraikan fungsi bank umum.
· Menguraikan fungsi bank syariah.
· Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat.
· Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral.
· Mengidentifikasi produk-produk perbankan.
· Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan.
· Menguraikan 5C.
· Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah


· Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter.
· Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter


Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
2 x 45 menit
























4 x 45 menit
























2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar