Jumat, 08 Juni 2012

TIK DI KOREA DAN INDONESIA


PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI NEGARA KOREA SELATAN DAN INDONESIA

1.    PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
            Teknologi komunikasi atau disebut sebagai teknologi kultural (McGaghey, worldhistorysite.com) telah berkembang dan mempengaruhi perkembangan peradaban manusia, dimulai dengan teknologi komunikasi tertua berupa tulisan ideografik pada milenium ke-4 S.M. Sampai yang mutakhir berupa komputer dengan jejaringnya (tekonologi informasi) pada masa menjelang abad ke-21. Pada perkembangannya teknologi sudah berkembang seiring penemuan dan kemajuan zaman. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan.
            Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Di Indonesia yang notabenenya sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas.
            Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata. Salah satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet. Di Indonesia terutama yang berada di kota-kota besar sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi dan pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Indonesia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang.

MAKALAH STATISTIK


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “KOMIK AKUNTANSI” DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN  DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SWAKARYA PALEMBANG

1. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
            Menurut penganut paham Ilmu Jiwa Asosiasi  yang lebih jauh lagi: paham Empirisme,yang dipelopori oleh John Locke “Inggris” dan Herbart “Swiss” yang ditulis dalam buku Abin Syamsuddin Makmun  (2000:159) menyatakan bahwa ‘belajar merupakan perkayaan materi pengetahuan material dan atau perkayaan pola-pola sambutan (responses) perilaku baru (behaviour)’. Lebih jauh lagi Skinner yang dikutip Barlow (2002:90) menyatakan bahwa: Belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progesif. Pendapat ini diungkapkan dalam pernyataan ringkasnya, bahwa belajar adalah ... a process of progressive behavior adaptation. Hintzman (2002:90) mengemukakan: Learning is a change in organism due to experience which can affect the organism’s behavior. Artinya, belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia atau hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut. Sedangkan menurut Muhibbin Syah (2002:92) yang dimaksud dengan belajar adalah “tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif”.

Minggu, 03 Juni 2012

REFLEKSI BUKU DAN ARTIKEL JURNAL



REFLEKSI BUKU
MODEL’S OF TEACHING
(MODEL – MODEL PEMBELAJARAN)

1.    BIBLIOGRAFI BUKU
·   PENULIS
Bruce Joyce, Marsha Weil, Dan Emily Calhoun
·   JUDUL BUKU
Model’s of teaching (Model – Model Pembelajaran)

2.      BUKU MODEL’S OF TEACHING
Sebuah buku yang di buat menghubungkan para calon guru dan para guru yang telah berpengalaman dengan berbagai cara pengajaran yang telah dikembangkan secara sempurna. Buku ini juga dimaksudkan untuk menghubungkan mereka dengan model model pengajaran yang tidak hanya masuk akal, tetapi juga model pengajaran yang menganjurkam mereka melakukan penelitian pada setiap aktifitas pengajaran.
3.      BUKU MODEL’S OF TEACHING
Bertemakan tentang hasil penelitian para pengajar pengajar di Amerika serikat tentang berbagai cara mengajar dan bermacam – macam  model pembelajaran yang bertujuan mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Selain dikhususkan untuk pengajar pemula, hasil penelitian ini juga sebagai khasanah tambahan ilmu untuk seluruh pendidik di seluruh dunia.